mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
DPRD dan Pemkab Tanjab Barat Tandataganin Nota Raperda RTRW dan RPJPD Tahun 2025- 2045 Paripurna ke Empat, DPRD Tanjabbar Sampaikan Laporan Hasil Kerja Pansus dan LKPJ Bupati DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Pertama Penyampaian Nota Pengantar Ranperda APBD Tahun 2023 Hasil Muswil, Aldo Iswanto Terpilih Ketua PW KAMMI Jambi Periode 2024-2026 Raih Opini WTP Keenam Kalinya dari BPK, Anwar Sadat:Ini Hasil Kerja Keras dan Sinergi Semua Pihak

Home / Polri

Selasa, 16 Maret 2021 - 09:26 WIB

Antisipasi Karhutla TNI-Polri Bersama Warga Desa Bunga Tanjung Buat Embung Penyedia Air

Tanjab Barat – Satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Tanjab Barat bersama Warga Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat melakukan aktivitas pembuatan embung.

Ini di lakukan sebagai upaya dan antisipasi terkait dengan penyediaan air menghadapi musim kemarau tahun ini.

Pembuatan embung air ini diinisiasi oleh Satgas Karhutla Kabupaten Tanjung Jabung Barat,Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro bersama dengan Dandim 0419/ Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, beserta personil.

Dikatakan oleh Kapolres AKBP Guntur Saputro,bahwa Tim Satgas Karhutla dari TNI-Polri mendampingi masyarakat Desa Bunga Tanjung gotong royong untuk membangun embung air di sekitar lokasi lahan gambut.

“Karena desa ini masuk dalam salah satu karteria desa paling rawan kebakaran hutan dan lahan. Dikarenakan kondisi tekstur tanahnya semi gambut dan di sekitar sini beberapa waktu yang lalu sempat terjadi kebakaran lahan,”ucap Kapolres.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Tinjau Salah Satu Rumah Warga Tidak Layak Huni

Ia menyebutkan, masyarakat desa berinisiasi untuk membuat embung skala kecil yang panjang sepuluh meter dan lebar lima meter serta kedalaman tiga meter dan pembuatan embung air ini perlu didukung dan dikawal.

“Mudah-mudahan ini bisa menular ke pemilik perkebunan rakyat lainnya. Karena fungsinya memastikan ketersediaan air di sekitar lokasi ini dan jika terjadi kebakaran lahan sudah mempunyai cadang air terdekat sebagai salah satu sumber untuk memadamkan,” jelas Kapolres.

Ia berharap, peristiwa kebakaran lahan di desa ini tidak terjadi lagi dan masyarakat peduli terhadap lingkungan, mencegah terjadinya kebakaran lahan dan tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Mudah-mudahan ini sebagai bentuk salah satu potret kepedulian masyarakat dan menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah,” sebutnya.

BACA JUGA  Kapolres Tanjab Barat Sebagai Inspektur Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Yudha Satria Pengabuan

Sementara Dandim 0419/ Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto,menyampaikan bahwa TNI Polri hadir untuk masyarakat dalam upaya pencegahan Karhutla dan ini dapat menjadi contoh untuk desa lain, bergerak mandiri untuk bersama membangun embung penyediaan air di sekitar lokasi rawan Karthutla

“Semoga ini menjadi contoh masyarakat lain. Membuat embung sederhana dengan bersama gotong royong untuk persiapan kita saat musim kemarau panjang sebagai suplai air,”harap Dandim.

Sambungnya,secara masif akan arahkan pihak desa lainnya untuk bersama sama bergotong royong membuat embung sederhana ini.

“Kita akan mengajak desa lain agar dapat membuat embung air secara sederhana dan kita juga menghimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan,”tukasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Polri

Menarik Minat Anak Usia 6-11 Untuk di Vaksin, Polres Tanjab Barat Siapkan Hiburan dan Hadiah

Polri

Kapolda Jambi Tegaskan, Polri Tetap Netralitas dalam PSU Pilgub Jambi

Polri

Kapolres Tanjab Barat Pimpin Apel Penyaluran Beras Bansos Bantuan Kapolda Jambi

Polri

Akselerasi Vakisansi Polres Bungo Datangi Cafe dan Tongkrongan Muda Mudi

Polri

Bakti Sosial Polres Tanjab Barat Bagikan Sembako Pada Pasien Covid 19 Yang Menjalani Isolasi Mandiri

Polri

Persiapan Vaksinasi Masal, Kapolres Tanjabbar Kumpulkan Satgas Covid di PPK Mikro Betara Kiri

Polri

4 Kapolres Jajaran Polda Jambi Diganti, Termasuk Kapolres Tanjab Barat dan Timur

Polri

Kasat Reskrim Polres Tanjab Barat Terima Penghargaan Penangkapan Benur