mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Korps HMI Wati Tanjab Barat Gelar Seminar Keperempuan Mayat Terikat Tali Terungkap, Pelaku Ayah dan Adik Korban Sendiri Tidak Butuh Waktu Lama,Satreskrim Polres Bungo Berhasil Ungkap Kasus Misteri Mayat Terikat Tali Rugikan Negara Hingga Ratusan Juta, 500 Ribu Batang Rokok Ilegal Diamankan Tahun 2022, Pemkab Tanjab Barat Fokus Pembangunan Infrastruktur

Home / Polri

Selasa, 16 Maret 2021 - 09:26 WIB

Antisipasi Karhutla TNI-Polri Bersama Warga Desa Bunga Tanjung Buat Embung Penyedia Air

Tanjab Barat – Satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Tanjab Barat bersama Warga Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat melakukan aktivitas pembuatan embung.

Ini di lakukan sebagai upaya dan antisipasi terkait dengan penyediaan air menghadapi musim kemarau tahun ini.

Pembuatan embung air ini diinisiasi oleh Satgas Karhutla Kabupaten Tanjung Jabung Barat,Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro bersama dengan Dandim 0419/ Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, beserta personil.

Dikatakan oleh Kapolres AKBP Guntur Saputro,bahwa Tim Satgas Karhutla dari TNI-Polri mendampingi masyarakat Desa Bunga Tanjung gotong royong untuk membangun embung air di sekitar lokasi lahan gambut.

“Karena desa ini masuk dalam salah satu karteria desa paling rawan kebakaran hutan dan lahan. Dikarenakan kondisi tekstur tanahnya semi gambut dan di sekitar sini beberapa waktu yang lalu sempat terjadi kebakaran lahan,”ucap Kapolres.

BACA JUGA  Gunakan Pompong Apung Vaksinasi Polri, Kapolres Tanjab Barat Berikan Bansos Dari Kapolda Jambi Kepada Nelayan 

Ia menyebutkan, masyarakat desa berinisiasi untuk membuat embung skala kecil yang panjang sepuluh meter dan lebar lima meter serta kedalaman tiga meter dan pembuatan embung air ini perlu didukung dan dikawal.

“Mudah-mudahan ini bisa menular ke pemilik perkebunan rakyat lainnya. Karena fungsinya memastikan ketersediaan air di sekitar lokasi ini dan jika terjadi kebakaran lahan sudah mempunyai cadang air terdekat sebagai salah satu sumber untuk memadamkan,” jelas Kapolres.

Ia berharap, peristiwa kebakaran lahan di desa ini tidak terjadi lagi dan masyarakat peduli terhadap lingkungan, mencegah terjadinya kebakaran lahan dan tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Mudah-mudahan ini sebagai bentuk salah satu potret kepedulian masyarakat dan menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah,” sebutnya.

BACA JUGA  Mantapkan Strategi Pemenangan, UAS Berikan Pembekalan Kordes se Kecamatan Betara

Sementara Dandim 0419/ Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto,menyampaikan bahwa TNI Polri hadir untuk masyarakat dalam upaya pencegahan Karhutla dan ini dapat menjadi contoh untuk desa lain, bergerak mandiri untuk bersama membangun embung penyediaan air di sekitar lokasi rawan Karthutla

“Semoga ini menjadi contoh masyarakat lain. Membuat embung sederhana dengan bersama gotong royong untuk persiapan kita saat musim kemarau panjang sebagai suplai air,”harap Dandim.

Sambungnya,secara masif akan arahkan pihak desa lainnya untuk bersama sama bergotong royong membuat embung sederhana ini.

“Kita akan mengajak desa lain agar dapat membuat embung air secara sederhana dan kita juga menghimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan,”tukasnya.

Share :

Baca Juga

Polri

Polres Tanjab Barat Patroli Cek Kepatuhan Prokes di Kawasan Kuliner Parit Satu

Polri

Polres Tanjab Barat Lakukan Penyelidikan Pembuangan Mayat Bayi di Temukan Pelabuhan TPI

Polri

Akselerasi Vakisansi Polres Bungo Datangi Cafe dan Tongkrongan Muda Mudi

Polri

Kapolres Tanjabbar Pimpin Sertijab Kapolsek dan Kasat

Polri

Mendadak, Puluhan anggota Polres Tanjabbar di Tes Urine

Polri

Kapolres Tanjab Barat Tinjau Pelaksanaan Vaksin Ibu Hamil

Polri

Kapolres Tanjab Barat Sebagai Inspektur Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Yudha Satria Pengabuan

Polri

Kasus Pembuangan Bayi, Polres Tanjab Barat Telusuri Sejumlah Tempat
error: Content is protected !!