mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Pergantian Antar Waktu Mempererat Silaturahmi dan Keakraban, Bupati dan OPD Gelar Kegiatan Mancing Bersama Meriahkan HUT RI Ke-77 dan Hari Jadi Tanjab Barat Ke – 57, Pemkab Gelar Lomba Panjat Pinang Massal Pemegang Paspor RI yang Hendak Bepergian ke Jerman dapat Mengajukan Pengesahan endorsement Tanda Tangan di Kantor Imigrasi Peduli Kesehatan Masyarakat, HMI Komisariat Syariah Gelar Sosialisasi Bahaya TBC, HIV dan AIDS

Home / TNI

Senin, 22 Februari 2021 - 20:01 WIB

Danrem 042 Gapu Hadiri Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Melalui Vidcon

JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli bersama Pj. Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni mengikuti Vidcon Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan tahun 2021, di auditorium Rumdis Gubernur Jambi, Senin  (22/02/21).

Turut serta juga Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo dan Kajati Jambi Dr. Johanis Tanak, SH, MH beserta pejabat terkait.

Rakornas yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara Kepresidenan, Jakarta menegaskan bahwa 99% kebakaran hutan dan lahan karena ulah tangan manusia, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

“99% adalah ulah manusia baik disengaja maupun tidak disengaja,” kata Jokowi.

BACA JUGA  Support Suami, Umy Dhilah Sadat: Itu Sudah Keharusan Bagi Istri

Jokowi mengutarakan, kebakaran hutan dan lahan kerap kali bermuara dari motif ekonomi. Teknik pembersihan lahan, kata Jokowi, memang paling mudah dengan pembakaran.

“Motif utama selalu satu. Ekonomi. Karena saya tau pembersihan lahan dengan pembakaran itu adalah cara yang paling murah. Tapi ini sudah dimulai edukasi kepada masyarakat, perusahaan, dan korporasi. Harus ditata ulang kembali,” katanya.

“Cari solusi agar korporasi dan masyarakat membuka lahan tidak dengan cara membakar,” tegasnya.

Jokowi lantas meminta adanya langkah penegakan hukum yang dilakukan tanpa kompromi, baik itu kepada masyarakat maupun korporasi milik perusahaan ‘nakal’. Jokowi ingin ada sanksi tegas untuk hal ini.

“Terapkan sanksi tegas bagi pembakar kebakaran hutan dan lahan bak sanksi administrasi, perdata maupun pidana,” ujarnya.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Resmikan Pertashop Pertamina BUMDes Desa Adi Jaya

Libatkan juga Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kades dalam pencegahan karhutla, berikan pendidikan edukasi terus menerus kepada masyarakat, perusahaan dan korporasi terutama didaerah kecenderungan peningkatan hotspot, ajak Toga, Tomas untuk ikut menjelaskan kepada masyarakat akan bahaya karhutla bagi kesehatan dan dampak ekonomi yang tidak kecil.

“Jangan biarkan api membesar, jangan terlambat sehingga sulit dikendalikan, kita semuanya harus tanggap, Gubernur/Bupati/walikota tanggap, Pangdam/Danrem/Dandim tanggap, Kapolda/Kapolres Tanggap, jika diperlukan pemadaman melalui ops udara water bombing tapi kalo bisa jangan sampai water bombing karena memerlukan anggaran yang besar,” tegasnya.(#4R)

Share :

Baca Juga

TNI

Danrem 042/Gapu Sapa Pasien Covid-19 di Sejumlah Tempat Isolasi

TNI

Satgas TMMD dan Warga Gotong Royong  Pasang Box Culvert di Intan Jaya

TNI

Sebanyak 8.000 Paket Obat Bantuan Panglima TNI Tiba di Jambi

TNI

Dandim 0419/Tanjab Tinjau Gotong Royong Di Kampung Kerukunan Umat Beragama

TNI

Danrem 042/Gapu Vicon Bersama Panglima TNI Terkait Percepatan Vaksinasi Di Bulan Ramadhan

TNI

Danrem 042/Gapu Hadiri Rakornis TMMD Ke-110 Tahun 2021 Melalui Vidcon

TNI

Korem 042/Gapu Jambi Resmi Ganti Lambang Baru

TNI

Tinjau Langsung Serbuan Vaksin TNI di PT LPPPI, Tubagus: Antusias Masyarakat Luar Biasa.
error: Content is protected !!