mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Gelar Malam Pisah Sambut, Kepada Kapolres Lama Bupati Anwar Sadat Ucapkan Selamat Bertugas di Tempat Yang Baru Bupati Anwar Sadat Hadiri Haul Ke-78 Tuan Guru Datu Sapat Bupati Anwar Sadat Safari Jumat di BTN Manunggal I Bupati Tanjab Barat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Tunjukan Kepedulian Bupati Tanjab Barat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit

Home / Pendidikan

Rabu, 24 Agustus 2022 - 21:31 WIB

Kondisi SDN 13 Dusun Kebun Rusak, Ini Kata Disdikbud Tanjab Barat

TANJAB BARAT – Beberapa waktu lalu, anggota DPRD Tanjab Barat Hamdani melakukan peninjauan ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) 13 Dusun Kebun, Kecamatan Batang Asam,yang kondisinya rusak parah.

Dalam tinjauan tersebut, ia meminta agar pemerintah dan instansi terkait segera memperbaiki sekolah dasar itu agar kedepan para murid dan guru dapat melakukan proses belajar mengajar dengan nyaman tanpa adanya kekhawatiran.

Terkait hal itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tanjab Barat, Dahlan saat dikonfirmasi, ia menjelaskan bahwa pihaknya hingga saat ini telah melakukan inventarisir setiap sekolah terutama SD dan SMP Negeri yang mengalami kerusakan yang cukup parah.

Hanya saja kata Dahlan, ada sejumlah pihak sekolah tidak memasuk kan data kerusakan sekolah kedalam Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

BACA JUGA  Panen Nanas Queen di Desa Muntialo, Bupati:Kita Berharap Bisa Terus Dikembangkan

“Kita selalu inventarisir semua laporan kerusakan sekolah untuk dilakukan perbaikan, makanya dilihat dulu sejauh mana kerusakan nya baru bisa dianggarkan. Sebenarnya saya selalu bilang kepada Kepala Sekolah dan Operator bahwa data Dapodik itu dibenahi kerusakan sekolah harus sesuai dengan poto.” Jelasnya.

“Nah kebanyakan sekolah ini memasukkan kerusakan ke data dapodik tanpa poto contohnya kerusakan sekolah 90 persen, tetapi pas dimasukkan nya ke dapodik potonya sekolahan nya masih bagus, nah itu tidak paskan kadang tidak lengkap.” Tambahnya.

Ia menuturkan, jika sekolah yang bersangkutan telah mengunggah ke Dapodik pihaknya baru akan menginventarisir dari kerusakan tersebut, untuk selanjutnya akan dilakukan perbaikan sesuai dengan tingkat kerusakan sekolah dan menganggarkan dengan dana APBD Perubahan atau DAK (Dana Alokasi Khusus) maupun Dana Balai.

BACA JUGA  Danrem 042/Gapu Sambut Kedatangan Mantan Wapres Jusuf Kalla Di Jambi

“Kalau lah masih sanggup ya kita perbaiki sendiri, tapi kalau dana DAK kerusakan nya 60 persen kebawah tetapi untuk sekolah yang rusak parah diatas 60 persen menggunakan dana Balai PU Pusat jadi sekolah itu dirobohkan nya semua bangun yang baru itu mereka lah yang atur semua bukan di kita lagi.” Tuturnya.

“Saat ini kita sudah menganggarkan juga untuk kursi di anggaran Perubahan walaupun tidak semua sekolah kita anggarkan, secara global saja sesuai kebutuhan dan kekuatan anggaran daerah kita sendiri.” Pungkasnya.(*#)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Pemkab Tanjab Barat Melaksanakan PTM Terbatas Pada Sejumlah Sekolah

Pendidikan

Siswa SMAN 1 Terkonfirmasi Covid-19, Pelajaran Tatap Muka Kembali Daring

Pendidikan

IGI Tanjab Barat Berbagi Sembako pada Santri Rumah Iqro Kuala Tungkal dan kaum dhuafa

DPRD

Tinjau Sekolah Rusak,Ketua Komisi III DPRD Tanjab Barat Minta Instansi Terkait Mengecek Langsung

Pendidikan

Gelar Aksi Demonstrasi Pelajar SMKN 1 Tanjab Barat Protes Sejumlah Kebijakan

Pendidikan

Pembelajaran Tatap Muka, SMA Negeri 1 Tanjab Barat Utamakan Protokol Kesehatan

Pendidikan

Pendaftaran PPDB di SMPN 2 Kuala Tungkal Bisa Melalui Offline dan Online

Pendidikan

SMPN 2 Kuala Tungkal Lolos Sebagai Peserta KSN MTK Nasional