mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Bupati Tanjab Barat Halal Bihalal Bersama Gubernur Jambi Sekian Lama Menanti Akhirnya Ratusan CJH Tanjab Barat Akan Berangkat Haji Pada Tahun Ini Mempererat Silaturahmi,Bupati Anwar Sadat Hadiri Halal Bihalal TP-PKK dan DWP Tanjab Barat Bupati Anwar Sadat Hadiri Peresmian Rehab Rumah Tidak Layak Huni Bupati Anwar Sadat Hadiri Halal Bihalal Dekranasda Tanjab Barat

Home / Pemerintahan

Sabtu, 27 Maret 2021 - 12:22 WIB

Status Wilayah Tanjab Barat Masuk Siaga Karhutla

TANJAB BARAT – Sebagai salah satu wilayah  rawan akan Karhutla dipropinsi Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat kini berstatus siaga Karhutla.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjabbar, Zulfikri, Senin (22/03/21).

Ia menyebutkan bahwa status wilayah Tanjabbar, dari kesiapsiagaan menjadi siaga Karhutla setelah di tetapkan pada 3 Maret lalu.

Adapun penetapan ini juga didasari pada sejumlah kejadian Karhutla yang telah terjadi  pada beberapa waktu lalu khususnya selama 2021 ini.

” Untuk Tanjabbar kejadian kebakaran sudah terjadi selama empat kali. Kemudian untuk memantapkan dan memaksimalkan kerja unit satgas, kita menaikan status dari kesiapsiagaan menjadi siaga,” Ujarnya.

BACA JUGA  Tinjau Prokes Penyambutan Kafilah, Bupati Tanjabbar Ucapkan Selamat Datang Kontingen Kota Sungai Penuh

Zul juga menyebutkan bahwa, berdasarkan rilis dari BMKG, ditemukan setidaknya 13 titik hotspot dan adapun luas lahan yang terbakar selama Januari hingga Maret dalam empat titik kejadian sebanyak 3,5 hektare lahan.

” Terkait pengendalian hutan dan lahan kita telah melaksanakan rapat koordinasi soal karhutla yang terdiri dari unsur -unsur Pemda dan stakholder dan telah sepakat untuk mendirikan posko induk Karhutla.

” Kita sepakat dari tanggal 3 Maret lalu, bertempat di desa Muntialo kita dirikan posko Induk, penempatan posko induk ini khusus untuk pengendalian operasi darat. Jadi kalau ada kejadian karhutla di luar dari lokasi desa atau Kecamatan maka akan di lakukan secara mobile,” Katanya.

BACA JUGA  Pembangunan Oprit Jembatan Parit Gompong di Keluhkan Warga, Wabup: Kita Hentikan Dulu Pembangunannya

Sementara itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tidak melakukan pembakaran lahan, meskipun memang saat ini kondisi cuaca masih di imbangi dengan adanya hujan baik dengan intensitas ringan hingga sedang.

” Kita tetap menghimbau untuk masyarakat jangan membakar lahan. Meskipun kita lihat sesekali ada hujan, namun tetap saat ini cuaca panas masih mendominasi,” Himbaunya.(#4R)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bersinergi Dengan ACT, Bupati Anwar Sadat Serahkan Bantuan Kursi Roda ke Azwir

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Hadiri Peringatan Isra Miraj di Mesjid Al Anshor

Pemerintahan

Ketua TP PKK dan Tim Supervisi Kabupaten Gelar Evaluasi 10 P2 rogram Pokok PKK Desa Pematang Tembesu

Pemerintahan

Satu Tahun Kepemimpinan UAS-Hairan Gelar Tasyakuran

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Secara Resmi Buka Lomba Seni Burung Berkicau Bupati Cup Tahun 2021

Pemerintahan

Tingkatkan Armada Laut, Bupati Tinjau Uji Coba Sandar KMP Surya 777 di Pelabuhan Roro

Pemerintahan

Bupati Didampingi Ketua TP PKK Tanjab Barat Serahkan Bantuan Para Lansia

Pemerintahan

OPD dianggap ‘ Lalai’ Bayar Pajak Kendaraan Dinas
error: Content is protected !!