mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Dandim 0419/Tanjab Pantau Vaksinasi Massal Dosis Kedua di Aula Makodim Berikut 16 Titik Sebaran Vaksinasi TNI Tahap II dan I Kodim 0419/Tanjab Pertemuan Dengan PT Sena, Bupati Tanjab Barat Berharap Tungkal Ilir Teraliri Gas Ramah Lingkungan Terpilih Menjadi Ketua PBSI, H.Abdullah:Siap Memajukan Perbulutangkisan di Tanjab Barat Sambut Kunker Gubernur Jambi, Bupati Sampaikan Laporan Perkembangan Covid-19 di Tanjab Barat

Home / Peristiwa

Senin, 22 Februari 2021 - 17:24 WIB

Tersangka Pembakaran Lahan Warga Pengabuan Terancam Hukuman Maksimal 10 Tahun

TANJAB BARAT – Bakar lahan dengan cara di bakar, Wahono (32) warga Parit Lapis, RT. 12 Dusun Simpang Desa Karya Maju, Kecamatan Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Ia pun, akhirnya ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka karena telah melakukan pembakaran lahan diwilayah Pengabuan.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro saat press release dimapolres Tanjabbar. Senin (22/2/21).

Ia menyebutkan bahwa, Wahono yang merupakan seorang petani ini ketahui telah Membuka lahan dengan cara dibakar, saat Tim Polsek Pengabuan dan tim RPK Distrik VI PT. WKS melakukan Patroli Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla), dengan mengecek Kanal air dan pemasangan baleho di lokasi rawan karhutla di Kecamatan Pengabuan.

BACA JUGA  Proyek Pembangunan Rigid Beton Patunas Terhambat Tiang PLN 

” Saat melakukan patroli itu lah, tim menemukan adanya titik api dan kepulan asap. Tim gabungan waktu itu langsung bergerak menuju lokasi yang mengeluarkan api asap tebal. Sesampainya di lokasi tim kemudian melihat hamparan lahan yang sudah ditebas dan tengah di bakar.” Kata Kapolres.

Sementara dilokasi kebakaran, kata Guntur tim gabungan menemukan seorang laki-laki  pemilik lahan sedang membuka lahan dengan cara membakar, selain itu pihaknya juga menemukan barang bukti berupa korek api, minyak solar dalam botol air mineral golok yang digunakan untuk menebas perkebunan dan sejumlah kayu sisa pembakaran.

“Lahan yang dibakar pelaku ini sekitar 1,2 hektar,” ujar Guntur.

Untuk pelaku sudah diamankan pihaknya dan saat ini telah dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

BACA JUGA  Tak Patuhi Prokes, Empat Minimarket Diberikan Surat Teguran Tertulis.

Terhadap tersangka kata Guntur diduga dikenai pasal pengolahan dan lingkungan hidup UU 32 tahun 2009 pasal 108 junto 69 ayat 1.

“Ancaman 3 sampai 10 tahun, denda nya minimal 1 milyar.” Pungkasnya.

Sementara itu, Wahono mengakui bahwa membakar lahan dengan cara dibakar itu melanggar hukum. Tapi dirinya masih nekat membakar lahan pertanian yang baru di belinya itu.

“Saya tau membakar lahan dilarang dan itu saya lakukan untuk mengurangi biaya,” ungkapnya.

Namun dirinya menyesal dengan apa yang telah dilakukan. Ia berpesan kepada para petani atau pemilik kebun untuk tidak melakukan seperti yang dirinya lakukan.

“Sangat menyesal, semoga petani atau pemilik kebun jangan membuka kebun atau lahan dengan cara dibakar, jangan seperti saya,”Pesanya.

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Breaking News! Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Gegerkan Warga

Peristiwa

Basarnas Temukan Nelayan Tenggelam di Perairan Kuala Kerang

Peristiwa

Kebakaran Hanguskan Dua Rumah Warga

Peristiwa

Korban Tenggelam di Senyerang Ditemukan

Peristiwa

Kebakaran Hanguskan Satu Rumah dan Sepeda Motor Warga di Desa Purwodadi

Peristiwa

Penemuan Mayat Gegerkan Warga Kecamatan Betara

Peristiwa

Kebakaran Pasar Teluk Nilau Mengalami Kerugian Hingga Milyaran Rupiah

Peristiwa

Sedikitnya 8 Kios Pasar Teluk Nilau Ludes Dilalap Si Jago Merah