mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
DPRD dan Pemkab Tanjab Barat Tandataganin Nota Raperda RTRW dan RPJPD Tahun 2025- 2045 Paripurna ke Empat, DPRD Tanjabbar Sampaikan Laporan Hasil Kerja Pansus dan LKPJ Bupati DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Pertama Penyampaian Nota Pengantar Ranperda APBD Tahun 2023 Hasil Muswil, Aldo Iswanto Terpilih Ketua PW KAMMI Jambi Periode 2024-2026 Raih Opini WTP Keenam Kalinya dari BPK, Anwar Sadat:Ini Hasil Kerja Keras dan Sinergi Semua Pihak

Home / Pemerintahan

Minggu, 12 November 2023 - 06:28 WIB

Bupati Anwar Sadat Khutbah Jum’at di Masjid Istiqlal Jakarta

TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag sampaikan khutbah Jum’at dengan tema “Menata Hati dan Kecerdasan Budi Menuju Pribadi Tangguh dan Sukses,” di Masjid Istiqlal Jakarta yang diikuti oleh ribuan jamaah.

Sholat jum’at tersebut juga diikuti oleh, Dr. KH. Muchlis M. Hanafi, MA, Direktur Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) – Jakarta, H. A. BAKRI HM., S.E, DPR RI Dapil Jambi.

Bupati Anwar Sadat menyampaikan bawah menjadi pribadi yang tangguh dan sukses dimasa sekarang ini sudah tentu menjadi impian semua orang.

” Betapa tidak, lihatlah dunia tempat kita tinggal ini begitu keras dan kejam. Perampokan, pencurian, dan tindak kriminal lainnya seringkali terdengar ditelinga kita. Halangan, rintangan, ujian dan cobaan terus datang silih berganti tiada henti bahkan sampai kita meninggal dunia,” katanya.

“Jika kita memiliki pribadi yang tangguh maka akan terasa tenang dan nyaman dalam menghadapi semua itu dan akan menjadi sukses dalam menjalani hidup namun sebaliknya jika kita memilki pribadi yang lemah akan mudah diombang-ambingkan oleh keadaan yang pada akhirnya membawa kepada kerusakan dan kebinasaan.” Timpalnya.

BACA JUGA  Kukuhkan Anggota Paskibraka, Bupati: Semoga Putra Putri Terbaik Tanjab Barat Dapat Mengemban Tugas Mulia Ini

Disisi lain, Bupati mengingatkan bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati, Konsep tersebut dapat ditemukan didalam hadits Arbain nomor 6 Shahih Bukhari nomor 52 dan Muslim nomor hadits 1.599 yang disampaikan oleh sahabat Abu Abdullah Nu’man Bin Basyir.

” Begitu pentingnya peran hati dalam kehidupan kita, seakan-seakan menunjukkan bahwa segala apa yang kita lakukan, baik maupun buruk itu bersumber dan tergantung dari bagaiman kondisi hati. Jika hati baik, terhindar dari segala penyakit hati maka akan menghasilkan perbuatan baik, sebaliknya jika hati buruk, dipenuhi dengan segala macam penyakit hati maka akan menghasilkan perbuatan yang buruk pula.” Ucap Bupati.

Dalam khutbahnya, Bupati Tanjabbar juga menyampaikan bahwa hati dibagi menjadi tiga macam menurut imam Al-Gazhali yang pertama hati yang sehat adalah hati yang dipenuhi keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Sedikitpun tak akan tergoyahkan walau dalam kesusahan, segala macam penyakit hati akan ia hapuskan. Riya, sombong, hasad, dengki dan segala penyakit hati lainnya akan ia redam dengan terus berdzikir dan mengingat Allah sampai ia mendapatkan kenyamanan dan ketentraman.

BACA JUGA  Tingkatkan Armada Laut, Bupati Tinjau Uji Coba Sandar KMP Surya 777 di Pelabuhan Roro

” Kedua hati yang sakit ialah hati yang telah terkontaminasi dengan segala penyakit hati. Disampaikannya penyakit hati yang paling sering menyerang manusia adalah sombong, riya dan dengki. Penyakit-penyakit seperti ini tentunya akan sangat merusak dan menggangu kehidupan manusia baik dalam sosial maupun dalam ibadah.” Sebutnya.

Terakhir hati yang mati ialah hati yang telah kehilangan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Manusia yang berhati mati tidak hanya meninggalkan segala kewajibannya bahkan lebih dari itu ia sudah berani mensekutukan Allah. Segala perbuatan didasarkan pada kehendak hawa nafsu belaka. Maka manusia yang seperti ini akan selalu berbuat onar, akan selalu berbuat kerusakan dimanapun ia berada tanpa sedikitpun memperhatikan dampak kerugian yang dirasakan oleh orang lain.

“Semoga kita mampu menjaga dan menata hati kita sehingga melahirkan amal-amal shaleh yang dapat membawa kita pada keridhaan Allah dan menempatkan kita di surga.” Tutupnya.*

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Minta OPD Percepat Pelaksanaan Kegiatan dan Penyerapan Anggaran

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Tinjau Langsung Pembagian BLT BBM di Kantor Pos 

Pemerintahan

Masa Pandemi Pasar Beduk Ditiadakan, Syafriwan : Masyarakat Boleh Jualan di Depan Rumah

Pemerintahan

Bupati Menyambut Baik Audiensi Pembangunan Konektivitas Kabupaten Tanjab Barat dan Inhil

Pemerintahan

Pelantikan Kepala Daerah Februari 2021 Secara Virtual

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Serahkan 16 Akta Pendirian Koperasi Puskesmas di wilayah Tanjab Barat

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Buka Secara Resmi Turnamen Gasing Undi Tabung 

Pemerintahan

Hadiri Paripurna, Bupati Tanjab Barat Ucapkan HUT Kota Jambi Ke-75