mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Bupati Anwar Sadat Gelar Pertemuan Virtual Terkait Percepatan Penurunan Stunting Wabup Tanjab Barat Ikuti Wawancara Penilaian Penghargaan Paritrana Award Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022 Sekda Tanjab Barat Hadiri Acara Edukasi dan Penyuluhan SPT Tahunan Bupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Pelaksanaan Konvergensi Penurunan Stunting  Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Daring

Home / TNI

Minggu, 19 Desember 2021 - 18:53 WIB

Danrem 042/Gapu Jadi Narasumber FGD Pansus Konflik Lahan DPRD Prov Jambi

JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M.Zulkifli, S.I.P.,M.M menjadi salah satu narasumber pada Acara Forum Group Discusion (FGD) Pansus Konflik Lahan DPRD Prov Jambi yang diselenggarakan di ruang rapat Bangar DPRD Provinsi Jambi, Minggu, (19/12/21).

FGD yang bertemakan ”Sinergitas Penyelesaian Konflik Lahan di Provinsi Jambi” selain Danrem 042/Gapu, turut menjadi narasumber yakni Ketua DPRD Prov Jambi Edi Purwanto, Prof. Dr. Elita Rahmi, SH., M.Hum dari Unja, dan dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Jambi, pihak Polda Jambi, Kejati Jambi, akademisi, penggiat lingkungan hidup, mahasiswa dan pihak terkait lainnya.

Menurut Ketua Penyelenggara, bahwa Kegiatan FGD diselenggarakan karena masih besarnya konflik lahan di Provinsi Jambi dan banyaknya pengaduan dari masyarakat dan kelompok tani yang ada di Provinsi jambi.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Bersama Gubernur Laksanakan Gerakan Panen Cabai Merah di Kecamatan Betara

Danrem 042/Gapu dalam Paparannya mengungkapkan bahwa terjadinya konflik lahan di Provinsi Jambi khususnya dan di Indonesia pada umumnya terjadi karena adanya Pertumbuhan Penduduk yang besar, serta Perusahaan tidak mengikuti regulasi yang ada.

Ada Tiga hal yang bisa dilakukan untuk mencari solusi konflik lahan yaitu tangan yang lebih kuat, dibiarkan saja atau diselesaikan dengan akar masalahnya dengan mengutamakan mediasi sesuai dengan regulasi yang ada.

“Saya mengharapkan setelah kita melaksanakan FGD hari ini dan berbagai usaha lainnya agar konflik-konflik lahan di Provinsi Jambi tidak terjadi lagi,” ungkap Danrem.

Disamping itu, FGD tersebut dilaksanakan juga untuk mencari solusi yang tepat guna menyamakan misi Jambi yang aman dan Zero konflik, khususnya konflik lahan, selain itu mendiskusikan dan memetakan potensi ancaman yang menghambat pembangunan Nasional dan pembangunan Daerah Provinsi Jambi.

BACA JUGA  Antusias Pelajar Ikuti Serbuan Vaksinasi Massal di Balai Prajurit Cukup Tinggi

Dalam FGD ini juga membahas tentang penanganan Covid-19 yang sudah berjalan, penanganan Karhutlah di Wilayah Provinsi Jambi, penanganan perkara peredaran gelap narkotika dan zat adiktif lainya, tindakan hukum yang tegas dalam penanganan kasus kegiatan illegal drilling (pengeboran minyak illegal) dan ilegal maining (penambangan illegal), illegal Tapping yang berkaitan erat dengan terjadinya Karhutlah, serta Sengketa tanah/lahan antara perusahaan dengan masyarakat di wilayah Jambi.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan tanggapan dari peserta serta diskusi dan memetakan potensi ancaman yang menghambat  pembangunan Nasional dan pembangunan daerah di wilayah Provinsi Jambi.(*#)

Share :

Baca Juga

TNI

Menerima Anugerah Anggota Kehormatan LAM Jambi, Begini Tanggapan Pangdam II/Swj

TNI

Puluhan Personil Kodim 0419/Tanjab Disuntik Vaksinasi Covid -19 

TNI

Danrem 042 Gapu Dampingi Gubernur Monitoring PPKM Level IV di Kota Jambi

TNI

Bupati Tanjab Barat Tinjau Serbuan Vaksinasi TNI Kodim 0419/Tanjab di Betara 

TNI

Danrem 042/Gapu Ikuti Vicon Dengan Kasum TNI Bahas Pencapaian Dosis Vaksinasi

TNI

Danrem 042/Gapu Sapa Pasien Covid-19 di Sejumlah Tempat Isolasi

TNI

Menggunakan Kendaraan Roda Dua, Dandim 0419/Tanjab Menyisir Pelosok Pedesaan Beri Bantuan

TNI

Kasad Buka MTQN TNI AD Tahun 2022