mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Wakil Ketua DPD Partai Perindo Tanjab Barat Gencar Sosialisasi Nomor Urut Partai Hingga Visi Misi Kantor Imigrasi Kuala Tungkal Lakukan Pengawasan Orang Asing Yang Masuk Dari Laut dan Darat Di Hari Jadi Ke 73 Kantor Imigrasi Kuala Tungkal Berharap Bisa Memberikan Pelayanan Yang Terbaik Imigrasi Kuala Tungkal Canangkan Pembangunan Zona Integritas 2023 Redam Gejolak Harga,Perum Bulog Kancab Kuala Tungkal Siapkan 600 Ton Beras

Home / Peristiwa

Rabu, 13 Oktober 2021 - 20:57 WIB

Diduga Abrasi Ombak Kapal,Dua Rumah di Kecamatan Senyerang Amblas Satu Musolah Rusak

Tanjab Barat – Musibah longsor yang meratakan sejumlah perumahan warga di RT 06, Kelurahan Senyerang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjungjabung Barat, masih menyisakan trauma mendalam bagi warga yang tinggal dialiran sungai Pengabuan.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 02.30 dini hari, pada saat air laut mulai pasang yang menimbulkan ombak besar menghantam perumahan warga yang berada pesisir sungai sehingga perlahan terjadi abrasi air laut mengakibatkan longsor.

Ateng beserta warga lain membantu mengevakuasi barang yang masih bisa diselamatkan, ia berhasil menyelamatkan sekitar setengah barang yang ada di toko.

Kejadian ini sendiri menurut Ateng baru terjadi kali ini.

“Baru ini lah kalau amblas, dulu pernah di pasar tapi udah 10 tahunan, sekarang pasanya sudah dipindah, 2 tahun lalu pernah juga tapi bukan amblas begini,” ujarnya.

BACA JUGA  BREAKING NEWS : Hujan Lebat Kapal Takboat Tabrak Sejumlah Kapal dan Jembatan WFC

Ia juga menduga amblas nya tanah di pinggir sungai karena banyak kapal besar yang berlalu lalang di sepanjang sungai.

“Ini juga karena kapal kapal besar lewat sini, banyak kapal angkutan batubara, angkutan barang, kapal kapal yang mau ke Malaysia dan Singapur juga lewatnya sini, jadi terjadi gelombang deras dari kapal itu yang mengikis tanah di pinggir sungai,” jelasnya.

Terpisah, Camat Senyerang, Suwarno, menjelaskan bahwa kawasan ini memang lokasi yang rawan abrasi dan bencana longsor, sebab berada di teluk yang menjadi hempasan ombak air sungai Pengabuan.

BACA JUGA  Siap Siap, Besok Sabtu Ada Pemadaman Listrik Ini Titik Lokasinya

“Kalau longsor memang sering terjadi tetapi tidak separah ini sampai menenggelamkan rumah-rumah warga,”kata Camat.

“Alhamdulillah saat ini warga membantu dan bergotong royong untuk mengamankan barang barang yang masih bisa diamankan terutama puing-puing rumah dan barang-barang berharga semua dapat selamatkan,”tambahnya.

Setidaknya, akibat longsor ini dua rumah warga amblas dan mushalla yang berada disekitar lokasi juga berdampak rusak ringan kehilangan tempat wudhu serta toilet. Adapun korban dalam musibah ini yakni dua KK (kepala Keluarga) dengan delapan jiwa kehilangan tempat tinggal, untuk sementara korban mengungsi di rumah keluarganya.

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Dilanda Banjir, Akses Jalan di Desa Tanjung Paku Lumpuh Total

Peristiwa

Sebuah Ruko Semi Permanen di Pasar KM 2,5 Tebing Tinggi Terbakar

Peristiwa

Ditinggal Istri Ke Kamar Kecil, Suami Meninggal Gantung Diri di Kamar

Peristiwa

Korban Tenggelam di Senyerang Ditemukan

Peristiwa

Sedikitnya 8 Kios Pasar Teluk Nilau Ludes Dilalap Si Jago Merah

Peristiwa

Bupati Tanjab Barat Serahkan Santunan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Ke Ahli Waris Kecelakaan di Neb#9

Peristiwa

Satu Unit Bus Jurusan Medan-Palembang Terbakar di Tanjakan Sinaga

Peristiwa

Akibat Abrasi Lima Rumah Warga Rusak Berat