mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Tanjab Barat Masih Kekurangan Guru Pengajar Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Kebakaran di Tanjab Timur Ditunjuk Sebagai Ketua Organisasi Sayap Partai PDI-P, M.Andika; Siap Membangun Kejayaan Repdem Wabup Hairan Gelar Rapat Bersama Satgas Covid-19  Kapolres Tanjab Barat Tegaskan Satgas Harus Tetap Bergerak Sampai Covid 19 Tidak Ada

Home / Polri

Rabu, 19 Mei 2021 - 16:56 WIB

Kapolda Jambi Tegaskan, Polri Tetap Netralitas dalam PSU Pilgub Jambi

JAMBI – Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo menegaskan netralitas Polri dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Irjen Pol A. Rachmad Wibowo saat memimpin rapat internal melalui video Converence yang diikuti oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs. Dwi Gunawan, MM, Para Pejabat Utama Polda Jambi dan para Kapolres jajaran, Selasa (18/05/21).

“Pada kesempatan ini, saya selaku Kapolda Jambi menyatakan bahwa Polda Jambi beserta seluruh jajarannya Polres hingga Polsek NETRAL dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021 mendatang. Tidak boleh ada personel Polri yang terlibat dalam politik praktis, jika memang ingin terlibat, maka sesuai dengan ketentuan yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari Polisi”, tegas Kapolda kutip jambidaily, Selasa (18/05/21).

BACA JUGA  Lantik Dan Kukuhkan Pokdar Kamtibmas, Ini Harapan Kapolres Tanjab Barat

Kapolda menyatakan, kehadiran anggota di lapangan dalam pelaksanaan PSU ini tidak lain hanya melakukan pengamanan semata dan tidak lebiuh dari itu.

“Perlu saya tegaskan, untuk anggota khususnya anggota Polri yang ada dalam posisi netral dan khusus pada pengamanan saja tidak lebih,” tegasnya.

Dalam arahannya, Kapolda Jambi menegaskan kepada Polres jajaran Polda Jambi yang wilayahnya melaksanakan PSU segera melakukan persiapan menghadapi PSU Pilgub sejak sekarang.

BACA JUGA  Kapolres Tanjabbar Bersama PJU Polda Jambi Tinjau Persiapan Posyan Ops Ketupat 2021 di LLASDP

Terkait netralitas Polri dalam Pilkada sudah diatur dalam pasal 28 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menyebutkan bahwa “Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis”.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto dalam keterangannya mengatakan persiapan pengamanan PSU Pilgub 27 Mei 2021 mendatang Polda Jambi telah mengerahkan 1.360 personel.

“Kami sudah siap melaksanakan pengamanan PSU Pilgub, Jumlah personel yang dikerahkan ini belum termasuk bantuan pengamanan dari TNI maupun Linmas, Kita pastikan bahwa PSU Pilgub ini berjalan aman, tertib dan lancar,” sebutnya.(**/HMS Polda)

Share :

Baca Juga

Polri

Lantik Dan Kukuhkan Pokdar Kamtibmas, Ini Harapan Kapolres Tanjab Barat

Polri

Pasca Bom Bunuh Diri,Polres Tanjab Barat Perketat Pengaman di Geraja dan Rumah Ibadah

Polri

Polres Tanjab Barat Patroli Cek Kepatuhan Prokes di Kawasan Kuliner Parit Satu

Polri

Polsek Pengabuan dan Warga Bersihkan Embung Air 

Polri

Jelang Idul Fitri 1442 H, Polres Tanjab Barat Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021

Polri

Kapolres Tanjab Barat Gelar ‘Ngopi Ke Papadaan’ dengan Warga Tebing Tinggi

Polri

Pos Pam dan Pos Yan Dalam Pelaksanaan Operasi Ketupat Polres Tanjab Barat Terjunkan 200 Personil

Polri

Antisipasi Karhutla TNI-Polri Bersama Warga Desa Bunga Tanjung Buat Embung Penyedia Air