mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Bupati Anwar Sadat Gelar Pertemuan Virtual Terkait Percepatan Penurunan Stunting Wabup Tanjab Barat Ikuti Wawancara Penilaian Penghargaan Paritrana Award Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022 Sekda Tanjab Barat Hadiri Acara Edukasi dan Penyuluhan SPT Tahunan Bupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Pelaksanaan Konvergensi Penurunan Stunting  Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Daring

Home / Polri

Rabu, 19 Mei 2021 - 16:56 WIB

Kapolda Jambi Tegaskan, Polri Tetap Netralitas dalam PSU Pilgub Jambi

JAMBI – Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo menegaskan netralitas Polri dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Irjen Pol A. Rachmad Wibowo saat memimpin rapat internal melalui video Converence yang diikuti oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs. Dwi Gunawan, MM, Para Pejabat Utama Polda Jambi dan para Kapolres jajaran, Selasa (18/05/21).

“Pada kesempatan ini, saya selaku Kapolda Jambi menyatakan bahwa Polda Jambi beserta seluruh jajarannya Polres hingga Polsek NETRAL dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021 mendatang. Tidak boleh ada personel Polri yang terlibat dalam politik praktis, jika memang ingin terlibat, maka sesuai dengan ketentuan yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari Polisi”, tegas Kapolda kutip jambidaily, Selasa (18/05/21).

BACA JUGA  Bupati Anwar Sadat Tinjau Infrastruktur Jalan, Dermaga dan SD 012/V Kuala Betara

Kapolda menyatakan, kehadiran anggota di lapangan dalam pelaksanaan PSU ini tidak lain hanya melakukan pengamanan semata dan tidak lebiuh dari itu.

“Perlu saya tegaskan, untuk anggota khususnya anggota Polri yang ada dalam posisi netral dan khusus pada pengamanan saja tidak lebih,” tegasnya.

Dalam arahannya, Kapolda Jambi menegaskan kepada Polres jajaran Polda Jambi yang wilayahnya melaksanakan PSU segera melakukan persiapan menghadapi PSU Pilgub sejak sekarang.

BACA JUGA  Warga di Gegerkan Dengan Penemuan Sesosok Mayat di Kelurahan Tungkal II

Terkait netralitas Polri dalam Pilkada sudah diatur dalam pasal 28 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menyebutkan bahwa “Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis”.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto dalam keterangannya mengatakan persiapan pengamanan PSU Pilgub 27 Mei 2021 mendatang Polda Jambi telah mengerahkan 1.360 personel.

“Kami sudah siap melaksanakan pengamanan PSU Pilgub, Jumlah personel yang dikerahkan ini belum termasuk bantuan pengamanan dari TNI maupun Linmas, Kita pastikan bahwa PSU Pilgub ini berjalan aman, tertib dan lancar,” sebutnya.(**/HMS Polda)

Share :

Baca Juga

Polri

1.008 Orang Terima Vaksinasi Massal di Polres Tanjab Barat

Polri

Wakapolres Tanjab Barat Tinjau Arus Balik di Pelabuhan LASDP dan Kawasan Wisata WFC

Polri

Polairud Polres Tanjab Barat Berikan Bantuan Sembako Ke Nelayan

Polri

Polres Bungo Gelar Razia Penjualan Minuman Beralkohol Tanpa Izin

Polri

Mengurangi Penularan Covid-19, Kapolres Tanjab Barat Intruksikan Larang Anggotanya Berpergian

Polri

Ratusan Pelajar Datangi Polres Tanjab Barat

Polri

Pasutri Asal Jember Ke Mekah Menggunakan Sepeda Motor Tiba di Kuala Tungkal di Sambut Kapolres Tanjab Barat

Polri

Polres Tanjabbar Salurkan Bantuan Sembako Untuk Korban Kebakaran Tungkal Harapan