mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Terduga Pelaku Aborsi di Kuala Tungkal Ternyata Seorang Siswi Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat Jenguk Sekda Breaking News!! Melahirkan Di Kamar Hotel Kuala Tungkal Ibu dan Bayi Meninggal Dunia 30 Tahun Mengabdi Menjadi Guru MAN Kuala Tungkal,Haknya Sebagai Pensiunan PNS Tak Dibayarkan Wakil Ketua DPD Partai Perindo Tanjab Barat Gencar Sosialisasi Nomor Urut Partai Hingga Visi Misi

Home / Pemerintahan

Jumat, 22 Oktober 2021 - 16:38 WIB

Pemkab Tanjab Barat Kembangkan Batik Bermotif Lokal

Tanjab Barat – SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd memberikan respon kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bupati H. Anwar Sadat dalam mengembangkan Batik motif Lokal.

Respon positif tersebut ditandai penyerahan bantuan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) dari SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd bertajuk “CANTING EMAS” Ciptakan Batik, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi secara simbolis diterima oleh Bupati H. Anwar Sadat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Kamis (21/10/21).

Seperti yang disampaikan Community Development Supervisor SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd Yulian, Program Pengembangan Masyarakat berupa pelatihan membatik tersebut merupakan tindaklanjut dari keinginan Pak Bupati H Anwar Sadat yang ingin mengembangkan Batik di Tanjungjabung Barat, sesuai motif Lokal yang ada di Tanjan Barat, Provinsi Jambi.

“PetroChina merespon keinginan dari Pak Bupati untuk mengembangkan Batik sesuai motif lokal di Tanjungjabung Barat,” sebut Yulian via Ponsel, Kamis Malam (21/10/21).

PetroChina dalam kesempatan ini sebut Yulian, memberikan dukungan berupa pelatihan, pendampingan dan peralatan membatik kepada Kelompok Masyarakat yang ada di Tiga Desa. Desa Sungai Gebar Kecamatan Kuala Betara, Desa Serdang Jaya Kecamatan Betara dan Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir.

BACA JUGA  Wakil Bupati Tanjab Barat Launching SPPT PBB-P2 Tahun 2021

“Dukungan lainnya kita (PetroChina,red) memberikan dukungan dengan mendatangkan Pelatih dari Balai Batik yang ada di Yogyakarta dan Kota Jambi,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi H. Anwar Sadat menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah sebuah kegiatan aksi nyata sekaligus terobosan, dalam rangka membangun dan mendorong semangat pemberdayaan tenaga kerja lokal yang bermental wirausaha, memiliki keterampilan, dan keahlian, guna menciptakan kesempatan dan produktifitas tenaga kerja yang lebih luas sehingga menghasilkan produk lokal yang bernilai ekonomis serta dapat dibanggakan, baik skala lokal, regional, bahkan pada saatnya berskala Nasional dan seterusnya.

“Program kegiatan pelatihan membatik bertajuk Canting Emas ini saya memfilosofikan bahwa Canting itu terbuat dari alumunium tetapi bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi dan besar, sesuatu yang bernilai tinggi dan besar itu disebut dengan ekonomi . Dan ini merupakan sebuah langkah maju dalam rangka merespon apa yang sudah saya sampaikan pada beberapa Bulan yang lalu,” ungkap Bupati.

BACA JUGA  Bupati Buka Sosialisasi Kerjasama Luar Negeri dan Monitoring Evaluasi Kerjasama

Menurut Bupati, Kabupaten Tanjungjabung Barat memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan, dan potensi-potensi itu harus diikuti oleh kebijakan atau regulasi yang memiliki efek manfaat nyata bagi Masyarakat.

“Kuala Tungkal ini kaya dengan khasnya seperti Perkebunan, Perikanan, Hutan Mangrove, Kuliner,  dan Tempat Wisata. Ini merupakan embrio atau simbol-simbol filosofi yang dapat dituangkan kedalam Batik yang nantinya akan menjadi Batik khas Tanjab Barat,” jelas Bupati H. Anwar Sadat.

Masih sehubungan dengan Progra. Pelatihan membatik, Bupati H Anwar Sadat menyambut baik dan menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja Tanjab Barat bersama PetroChina International Jabung ltd dan mitra kerjanya, yang telah berkomitmen dan bekerja sama untuk mewujudkan dan mengoptimalkan penyelenggaraan kegiatan yang positif ini.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Wabup Hairan Tinjau Jalan dan Jembatan di Lubuk Bernai Bisa Dilalui

Pemerintahan

UAS – Hairan Tancap Gas Siapkan Program Kerja 99 Hari 

Pemerintahan

Wabup Hairan Berikan Bantuan Kemanusiaan Secara Simbolis Untuk Palestina

Pemerintahan

Hitungan Hari, Amir Sakib Ajak Masyarakat Tanjabbar Sambut Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Pemerintahan

Bupati Himbau Kegiatan Keagamaan Pengajian Boleh Dilaksanakan Asal Mengedapankan Protokol Kesehatan

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Resmikan Ruko dan Bumdes Gerbang Nusantara Desa Dataran Kempas

Pemerintahan

Bupati Bersama Ketua TP PKK Dampingi Gubernur Jambi dan Istri Tinjau Sentra Oleh-oleh Khas Tanjab Barat

Pemerintahan

Tanjab Barat Peringkat Pertama Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Stunting