mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Pertama, Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Bupati Tahun 2023 Ketua DPRD Kabupaten Tanjab Barat, lepas Logistik Pemilu 2024 Ketua DPRD Tanjab Barat, Hadiri Acara Penyambutan Kapolres Baru Anggota DPRD Tanjab Barat Jamal Darmawan Sie,Hadiri Malam Pisah Sambut Kapolres Hadiri Kegiatan Refleksi Ke Tiga Tahun Kepemimpinan UAS – HARIAN,Wakil Ketua I DPRD Ucapkan Selamat 

Home / Pemerintahan

Minggu, 4 September 2022 - 20:12 WIB

Bupati Anwar Sadat Paparkan Komoditi Unggulan Tanjabbar di Kuliah Umum Unja

TANJAB BARAT – Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Anwar Sadat.Ag memberikan Kuliah umum pada Mahasiswa baru angkatan 2022 dan pengenalan program studi Magister Ilmu Ekonomi di Aula Pascasarjana Kampus UNJA Telanaipura. Sabtu (3/9/22).

Dalam kuliah umum ini Bupati  menyampaikan tema “ Peran Komoditas Unggulan Dalam Perekonomian Daerah Tanjung Jabung Barat.”

Anwar Sadat memaparkan beberapa potensi komoditi unggulan Kabupaten Tanjung Jabung Barat diantaranya Kelapa, Pinang, dan Kopi. Produk unggulan daerah ini kata Bupati menggambarkan kemampuan daerah menghasilkan produk, menciptakan nilai, memanfaatkan sumber daya secara nyata dan memberikan kesempatan kerja.

“Komoditi Unggulan ini mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah, memiliki prospek untuk meningkatkan produktivitas dan investasinya,” Katanya.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Tinjau Peternakan Sapi di Desa Adi Jaya.

Ia berujar bahwa sesuai dengan Misi Tanjung Jabung Barat ‘BERKAH ‘ yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan perberdayaan ekonomi kerakyatan, maka dibuatlah arah kebijakan yakni.

Pengembangan perkebunan kelapa dalam dan pinang berupa meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu melalui peningkatan produktivitas melalui program intesifikasi (pemupukan, penggunaan bibit bersertifikat bermutu dan atau pemberian pupuk dan agro input lainnya).

Ekstensifikasi (memanfaatkan lahan tidur dan lain-lain) dan peremajaan/replanting dan juga peningkatan mutu produk melalui pelaksanaan pengembangan kelapa dalam bingkai pembangunan berkelanjutan standarisasi mutu produk, dan juga meletakan usaha perkebunan rakyat sebagai prioritas melalui meningkatkan akses petani terhadap teknologi terkini, meningkatkan produktivitas, meningkatkan infrastruktur, membuat alternatif model peremajaan.

BACA JUGA  Kunjungi Korban Kebakaran,Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan

” Serta meningkatkan nilai tambah dan efisiensi agribisnis kelapa dan pinang melalui pengembangan industri hilir fokus kepada industri, yang nilai tambahnya tinggi dan memberikan multiplier effect pertumbuhan ekonomi Indonesia, pemanfaatan potensi dan peluang, serta klaster industri mendukung program pengembangan energi alternatif.” Bebernya.

Disamping itu juga dikatakan UAS bahwa UMKM memiliki peran yang signifikan dalam pengembangan komoditi unggulan.

“ Pengembangan UMKM layak untuk diprioritaskan, mengingat bahwa komoditas unggulan sebagian besar masih bertumpu pada sumber daya alam yang terdapat didaerah.” Tukasnya.(*#)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Resmikan Aktivasi Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga

Pemerintahan

Sering Terjadi Kecelakaan, Bupati dan Wabup Tanjab Barat Tinjau Jembatan Sugeng

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Sambut Silaturrahim Basarnas Provinsi Jambi

Pemerintahan

Gerah Permasalahan listrik di Tanjab Barat,Bupati Anwar Sadat Koordinasi Ke Kementerian ESDM

Pemerintahan

Bupati Bersama Ketua TP PKK Tanjab Barat Tinjau Lokasi Bencana Tanah Longsor di Parit Deli

Pemerintahan

Launching Batik Khas Tanjab Barat, Bupati: Ini untuk Mempromosikan dan Melestarikan Batik Daerah

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Resmikan Rumah YMPC

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Rotasi Pejabat Eselon III