mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Muhammad Adib Mubarok Pemuda Sederhana,Berniat Maju Caleg Sekda Lantik 26 Pejabat Administrator dan Pengawas, Ini Nama-Namanya Hadiri Musrenbang di Kecamatan Betara,Ketua DPRD Tanjab Barat Sampaikan Ini Wakil Ketua dan Anggota DPRD Tanjab Barat Kunjungan Kerja di Lapas Kelas II B Kuala Tungkal Ketua Komisi III DPRD Tanjab Barat Hadiri Musrenbang Tingkat kecamatan

Home / Pemerintahan

Kamis, 17 Juni 2021 - 16:22 WIB

16 Desa di Tanjabbar jadi Lokus Stunting, Dapat Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya 384 Unit Toilet

Tanjab Barat – Bupati Tanjab Barat, H. Anwar Sadat lakukan peletakan batu pertama Simbolis Dimulainya Pembangunan Toilet dan Septik Individu Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya 2021 di Jalan Kopi Desa Purwodadi, Kec. Tebing Tinggi, Rabu (16/06/21).

Momen peletakan batu pertama ini dihadiri langsung Kepala BPP Wilayah PUPR Jambi, Ir. Azna Legawati, MM, Sekda beserta istri, Anggota DPRD, Tejo, para Asisten, Kelapa Dinas, Ketua TP-PKK Tanjab Barat, Camat, Lurah, Kades se-Kab. Tanajb Barat serta Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Teknik.

Pada kesempatan ini, Bupati H. Anwar Sadat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala BPP Wikayah PUPR Jambi, Ibu Ir. Azna Legawati yang telah menyempatkan diri untuk hadir di acara tersebut.

Lokus pendirian pembangunan sanitasi diharapkan Bupati dapat menurunkan dan menekan angka stuting di Tanjab Barat.

“Jaga, melihara dan merawat, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat,” pesan Bupati.

BACA JUGA  Kastel Kejari Kutai Timur, Isi Jabatan Kasi Pidum Kejari Tanjab Barat

Pada kesempatan ini Bupati juga mengungkapkan bahwa untuk membangun Tanjab Barat tidak lah cukup jika hanya mengandalkan dana APBD.

“Jika kita membangun hanya mengandalkan APBD tidaklah cukup, tidak akan mampu membangun se-Tanjab Barat. Apalagi dengan geografi, luas wilayah serta banyaknya hambatan struktur tanah dan sebagainya,” ungkap Bupati.

Kedepan para OPD kata Bupati agar dapat menjemput program-program pemerintah pusat yang berkaitan dengan kepentingan dan ke manfaat terhadap masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Sementara, Kepala BPP Wilayah PUPR Provinsi Jambi Ibu Ir. Azna Legawati mengatakan sasaran kegiatan ini terbangunnya Pengolahan air limbah domestik dengan sistem pengelolaan air limbah domestik pembangunan Tangki septik Toilet Individu atau Tangki Septik Komunal.

“Diharapkan program sanitasi ini dapat menurunkan angka stanting,” kata Hasnah.

Dikatakannya program ini juga bertujuan menciptakan lapangan kerja melalui padat karya gotong royong. Juga membangkitkan nilai sosial ekonomi serta meningkatkan akses sanitasi.

BACA JUGA  DPRD Tanjabbar Gelar Vaksinasi Massal, H.Abdullah: Walau Diguyur Hujan Antusias Masyarakat Sangat Tinggi

Ia pun berharap pembangunan 384 unit Toilet Individul ini dapat berjalan dengan lancar, tidak ada kendala dan hambatan, sehingga dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat.

Kadis PMD H. Noor Setyobudi dalam laporannya mengatakan Pekerjaan sanitasi ini bersumber dari dana APBN melalui Balai Prasarana Pemukiman (BPP) Wilayah PUPR Provinsi Jambi.

Infrastruktur yang dibangun berupa jamban dan tangki septik individual standar nasional sebanyak 384 unit tersebar pada 16 lokus desa/kelurahan di Tanjab Barat.

Adapun 10 Lokus Desa Lokus Stunting yang mendapatkan Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya diantaranya Desa Purwodadi, Desa Mekarjati, Desa Parit Sidang, Desa Betara Kanan, Desa Mekar Tanjung, Desa Sungai Kayu Aro, Desa Parit Pudin, Desa Tungkal IV Desa, Kelurahan Lubuk Kambing dan Kelurahan Tebing Tinggi.

Sementara 6 desa tambahan yaitu Desa Serdang Jaya, Desa Sri Agung, Desa Terjun Gajah, Desa Rawadang, Desa Cinta Damai dan Desa Sungai Paur.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Wakil Bupati Hadiri Pertemuan Aksi 7 Publikasi Data Stunting Tingkat Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2022

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Silaturahmi Bersama BKPM RI, Bahas Pengembangan UMKM

Pemerintahan

Wabup Hairan Ikuti Rakor Secara Virtual Dengan Kapolri Dalam Rangka Pelaksanaan vaksinasi serentak

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat dan Pimpinan DPRD Tandatangani NKRA RPJMD 2021-2026

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Bentuk Tim Satgas Atasi Kelangkaan BBM

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Hadiri Perpisahan Santri Madrasah Tsanawiyah

Pemerintahan

Ratusan Paket Proyek Berterbangan, Dugaan Panitia Cari Keuntungan

Pemerintahan

Wabup Hairan Berikan Bantuan Kemanusiaan Secara Simbolis Untuk Palestina