mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Gelar Malam Pisah Sambut, Kepada Kapolres Lama Bupati Anwar Sadat Ucapkan Selamat Bertugas di Tempat Yang Baru Bupati Anwar Sadat Hadiri Haul Ke-78 Tuan Guru Datu Sapat Bupati Anwar Sadat Safari Jumat di BTN Manunggal I Bupati Tanjab Barat Kunjungi Kantor Pos Kuala Tungkal Tunjukan Kepedulian Bupati Tanjab Barat Jenguk Pengawas Pemilu yang Sakit

Home / Pemerintahan

Kamis, 2 Februari 2023 - 21:48 WIB

Sekda Tanjab Barat Hadiri Acara Edukasi dan Penyuluhan SPT Tahunan

TANJAB BARAT – Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Edukasi dan Penyuluhan Pembuatan Bukti Potong 1721-A2, Pelaporan SPT Tahunan dan Pemadanan NIK-NPWP, Rabu (01/02/23).

Acara yang dilaksanakan di Pola Utama Kantor Bupati tersebut turut dihadiri oleh, Kepala KPP Kuala Tungkal, Para Kepala OPD/mewakili, Peserta Sosialisasi dan tamu undangan lainnya.

Mengawali sambutannya, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Stepanus Banu Sujita menyampaikan bahwa acara ini ditujukan pada beberapa hal yaitu terkait masalah sosialisasi bukti potong 1721-A2, Pelaporan SPT dan Pemadanan NIK-NPWP.

Lebih lanjut, untuk bukti potong dan pelaporan SPT sifatnya telah rutin dilaksanakan setiap tahun, bukti potong dibuat dan kemudian dijadikan dasar untuk melaporkan SPT.

Banu mengatakan bahwa setiap warga negara akan memiliki satu rangkaian nomor dan itu akan mewakili identitas bersangkutan untuk semua urusan. Baik itu urusan perpajakan, urusan administrasi, urusan rekening bank dsb.

BACA JUGA  Sholat Jum'at Perdana di Masjid Syaikh Utsman Tungkal

Oleh karena itu, NIK dan NPWP ini akan dipadankan dan divalidasi sehingga setiap orang tidak dimungkinkan untuk memiliki NIK atau NPWP ganda.

Ia berharap, untuk kedepan dibutuhkan database yang baik agar reformasi-reformasi ini bisa berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah reformasi perpajakan ini sudah mendorong tingkat ketercapaian penerimaan pajak nasional, untuk Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur dari tahun 2020 penerimaan kami sudah 100% yaitu sekitar 690M, di tahun 2021 sekitar 800 M, kemudian di tahun 2022 kemarin kami menutup di angka 900 M,” jelasnya.

“InsyaAllah jika tetap berlanjut tahun ini bisa tembus 1 triliun tentunya dengan kerjasama oleh seluruh pihak baik dari pemda maupun pengusaha.”tambahnya.

“Besar harapan saya pada hari ini untuk bisa memberi pencerahan dan pengetahuan kepada para peserta yang mengikuti sosialisasi ini agar mendapatkan informasi yang baru dalam acara pada hari ini.” tutupnya.

BACA JUGA  Jembatan WFC di Tabrak Kapal,Sekda Tanjab Barat Cek Dampak Kerusakan

Sementara itu, membacakan sambutan Bupati, Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat Ir.H.Agus Sanusi,M.SI sampaikan bahwa pajak merupakan sumber pendapatan terbesar negara di dalam pelaksanaan pembangunan.

“Saya berharap, kepada semua para ASN di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai wajib pajak untuk mentaati dan melaksanakan serta melaporkan SPT dengan benar dan tepat waktu.”ucapnya.

“Mari kita manfaatkan teknologi yang ada, dengan menyampaikan SPT tahunan secara online yang bertujuan untuk memudahkan dalam melaporkan SPT tahunan.” tambahnya.

“Selama ini yang menjadi kendala dalam pelaporan tahunan adalah NPWP, karena tidak semua orang memiliki NPWP, maka pada hari ini sudah ada terobosan pada pemadanan NIK dengan NPWP. Jadi, untuk yang sudah mempunyai NIK maka NPWP nya akan otomatis keluar dan ter-connect.”jelasnya.* (sumber hms)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Sholat Subuh Berjamaah Bersama Masyarakat dan Serap Aspirasi

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Tinjau Balai Benih Ikan di Desa Pembengis

Pemerintahan

Bupati Hadiri Rakor Bersama KPK

Pemerintahan

Bupati Hadiri Peringatan Isra’ Mi’raj di Mesjid Syekh Usman Tungkal

Pemerintahan

Wabup Hairan Dampingi Gubernur Jambi Resmikan Gedung Mts Soleh Al-Mubarok

Pemerintahan

Sekda Lantik 26 Pejabat Administrator dan Pengawas, Ini Nama-Namanya

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Targetkan 6.000 Kartu ATM Bantuan

Pemerintahan

Bupati Serahkan 146 SK Pengangkatan PNS Pemkab Tanjab Barat