mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Bupati Tanjab Barat Halal BI Halal Dengan ASN dan Non ASN Pasca Cuti Lebaran  Bupati Anwar Sadat Berikan Sepeda Baru dan Kursi Roda untuk Pedagang Kecil dan Penyandang Disabilitas Bupati Anwar Sadat Tinjau Tempat Pemakaman Umum Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri 1445 H Bupati Anwar Sadat Buka Secara Langsung Festival Pawai Takbiran Idul Fitri 1445 H

Home / Pemerintahan

Kamis, 14 Maret 2024 - 04:04 WIB

Bupati Anwar Sadat Resmikan Peluncuran Buku Batik

TANJAB BARAT – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., meresmikan peluncuran buku Batik Tanjung Jabung Barat serta menyerahkan bantuan buku dan alat permainan edukasi kepada perpustakaan desa. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjung Jabung Barat.

Turut hadir, Asisten III, Kepala OPD, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, tim penyusun buku batik Tanjung Jabung Barat, para kepala desa dan pengelola perpustakaan desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Bupati Anwar Sadat dalam sambutannya menyampaikan bahwa perpustakaan mengemban amanah sebagai tempat pembelajaran dan kemitraan yang dikelola secara profesional dan terbuka bagi masyarakat.

” Kita harapkan dapat mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Ujarnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa batik Tanjabbar menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan. Hampir di setiap Kecamatan telah berdiri sentra-sentra batik yang diinisiasi oleh masyarakat dan menjelma menjadi kekuatan ekonomi yang menopang perekonomian masyarakat, khususnya para pengrajin batik.

BACA JUGA  Bupati Anwar Sadat Hadiri Halal Bihalal Dekranasda Tanjab Barat

“ Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada kepala dinas perpustakaan dan kearsipan Tanjung Jabung Barat dan kantor bahasa provinsi Jambi yang telah membuat kerja sama dan berinovasi sehingga terbitnya buku batik Tanjung Jabung Barat ini,” ucapnya

Bupati berharap kepada perpustakaan desa yang menerima bantuan agar dapat mengembangkan perpustakaan desa dalam rangka meningkatkan budaya baca masyarakat desa.

” Kita iharapkan perpustakaan desa dapat mengaktifkan kegiatan dengan melibatkan masyarakat untuk menjalankan program perpustakaan berbasis inklusi sosial.” Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Erlinawaty, SH., menyampaikan dalam laporannya bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kantor Bahasa Provinsi Jambi telah bekerja sama menerbitkan buku tentang batik Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria 2021

” Buku ini menggali kekayaan motif batik Tanjung Jabung Barat dari awal hingga kini dan mengungkap filosofi di balik motif-motif tersebut. Hal ini diharapkan menjadi sumbangan besar bagi masyarakat Tanjung Jabung Barat dan turut melengkapi kekayaan batik Indonesia sebagai salah satu warisan dunia.” Bebernya.

Erlinawaty juga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini guna mengoptimalkan peran perpustakaan dalam mendukung pelestarian hasil budaya daerah dan memperdayakan masyarakat dalam pengembangan diri serta potensi yang ada di daerah, sekaligus meningkatkan kualitas hidup.*

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Tuntut Transparansi Insentif, Pemkab Singgung SKK Migas

Pemerintahan

Wabup Tanjab Barat Hadiri Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan 2021

Pemerintahan

Bupati Safari Subuh di Masjid Ittifaqul Muslimin Kampung Nelayan

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Jadi Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Pancasila

Pemerintahan

163 CPNS Tanjab Barat Terima SK Pengangkatan PNS

Pemerintahan

Sekda Gelar Rapat Persiapan Peringatan HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke – 58 Tanjab Barat 

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Buka Acara Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis MRI

Pemerintahan

Wabup Tanjab Barat Ikuti Rakor Virtual Pengendalian Inflasi Mendagri