mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Bupati Tanjab Barat Halal BI Halal Dengan ASN dan Non ASN Pasca Cuti Lebaran  Bupati Anwar Sadat Berikan Sepeda Baru dan Kursi Roda untuk Pedagang Kecil dan Penyandang Disabilitas Bupati Anwar Sadat Tinjau Tempat Pemakaman Umum Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Perdana Setelah Lebaran Idul Fitri 1445 H Bupati Anwar Sadat Buka Secara Langsung Festival Pawai Takbiran Idul Fitri 1445 H

Home / Pemerintahan

Minggu, 18 Februari 2024 - 08:11 WIB

Resmikan Klinik dan Pusat Promosi UMKM, Bupati Tanjab Barat: Ini Bentuk Kepedulian Pemerintah Daerah

TANJAB BARAT – Bupati Tanjab Barat, Drs. H. Anwar Sadat M. Ag, meresmikan Klinik UMKM dan Pusat Promosi UMKM Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (13/02/24).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Koperindag ini dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Plh Sekda, Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD, Pimpinan Perbankan, Pelaku UMKM, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Anwar Sadat menyampaikan bahwa peresmian ini merupakan upaya serius Pemerintah Daerah dalam mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan maju, sehingga mampu bersaing di tingkat daerah, nasional, bahkan mancanegara.

“Atas nama Bupati dan Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Tanjab Barat untuk memakai, mengkonsumsi, dan bangga dengan produk UMKM. Dengan demikian, UMKM kita dapat bangkit dan berkembang,” katanya.

Bupati juga berpesan agar pelaku UMKM meningkatkan kualitas dan inovasi produk mereka, sehingga mampu menjadi daya tarik bagi pembeli.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Hentikan Sementara Kegiatan PT PWS

“Pemerintah Daerah senantiasa berupaya untuk memberikan ruang publik bagi pelaku UMKM agar dapat terus berdaya dan berkembang, sehingga dikenal luas oleh masyarakat dan mudah-mudahan dapat dibawa keluar daerah sebagai oleh-oleh khas Tanjab Barat,” ujarnya.

“Dengan diresmikannya Klinik UMKM dan Pusat Promosi UMKM ini, saya minta Dinas terkait untuk membantu platform penjualan online, sehingga dapat meningkatkan daya jual hasil produk UMKM kita. Saya mengapresiasi inovasi Dinas Koperindag yang bersinergi dengan pihak lain terkait pendirian Klinik UMKM dan Pusat Promosi UMKM. Mudah-mudahan upaya kita dapat mencapai cita-cita bersama menjadikan UMKM Kabupaten Tanjung Jabung Barat maju dan berkembang,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperindag, Sawaludin F Tanjung, melaporkan bahwa pada tahun 2022 terdapat 8.696 pelaku UMKM dengan serapan tenaga kerja 10.806 orang. Sedangkan pada tahun 2023, jumlahnya meningkat menjadi 8.913 pelaku UMKM dengan serapan tenaga kerja 11.089 orang.

BACA JUGA  Bupati Anwar Sadat Ucapkan Selamat Kepada Puluhan Kades Terpilih

“Ada peningkatan dari sektor UMKM 215 dan penyerapan tenaga kerja 283 orang, sehingga dapat meningkatkan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja,” katanya.

Kadis Koperindag juga menjelaskan bahwa tujuan didirikannya Klinik UMKM adalah untuk memberikan layanan informasi dan advokasi bagi UMKM terkait pengembangan usaha mulai dari hulu ke hilir, meningkatkan akses pelayanan pemberdayaan KUMKM, memberikan kemudahan kepada UMKM dalam mendapatkan layanan konsultasi, informasi, advokasi, dan solusi terhadap permasalahan yang ada, serta memberikan akses modal.

“Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam mendorong legalitas usaha yang berorientasi pada pasar nasional. Semua pelayanan di Klinik UMKM ini gratis,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Didampingi Ketua TP PKK,Bupati Tanjab Barat Berikan Bantuan Korban Kebakaran

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Lantik 4 Pejabat Esselon III dan IV

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Pimpin Rapat Persiapan MTQ

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Apresiasi Giat Sepeda Santai Dalam Rangka HUT TNI ke 77

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Hadiri Pelantikan APDESI Tanjab Barat

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Tinjau Operasi Pasar Daging Sapi

Pemerintahan

Lansia Terlantar, Bupati Tanjab Barat: Dinas Terkait Harus Jeli Menanggapi Warganya

Pemerintahan

Ini Enam Inovasi Daerah Pemkab Tanjab Barat di Daftarkan ke IGA 2021