mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
   LIVE TV
Bupati Tanjab Barat Dorong Peningkatan Ekonomi dan Kesejahteraan Warga melalui Safari Jumat Bupati Anwar Sadat Sambut Kepulangan 96 Jamaah Haji Asal Tanjab Barat di Alun-Alun Kuala Tungkal Lantik KOK, Ketua KONI Ajak Pengurus Majukan Olahraga untuk Tanjabbar Juara Peringati 10 Muharram 1446 H, Bupati Anwar Sadat Berikan Santunan Anak Yatim/Piatu dan Kaum Duafa  Bupati Tanjab Barat Dorong Generasi Muda untuk Aktif di Olahraga Tradisional Bersama KORMI

Home / Ekonomi

Kamis, 1 Desember 2022 - 17:06 WIB

Warga Terjun Jaya Berkebun Buah Menjadi Penghasilan Yang Menjanjikan

Tanjab Barat – Berkebun buah-buahan saat ini suatu hal yang menjanjikan di tengah turunnya harga komoditas pertanian.Sekalipun demikian berkebun buah masih jarang diminati oleh masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat terutama para petani.

Hingga saat ini para petani masih dominan mengandalkan tanaman khusus seperti sawit, pinang dan kelapa.

Eko salah satu mantan petani kebun kelapa yang kini menekuni berkebun buah buahan di areal seluas dua hektar di wilayah terjun jaya. Bapak empat anak ini menanam buah buah buahan seperti Durian Bawor Musang King, Alpukat dan Jambu Kristal yang setiap hari buahnya selalu dapat dipanen dan dijual kepada masyarakat.

Hingga saat ini tanaman buah di kebunnya sudah dapat dipanen seperti jambu kristal yang ia tanam sejak enam bulan silam.

BACA JUGA  Bertabur Promo dan Doorprize,PT Lise Permai Launching Perumahan Permata Hijau V

Ratusan pohon jambu kristal setiap kali masa panen bisa mendapatkan 100 hingga 200 Kg, bagi warga yang akan membeli langsung di kebunnya mematok harga Rp. 20 ribu perkilonya.

“Berkebun buah hasilnya cukup menjanjikan dan masa panen lebih cepat dan hasil keuntungannya lebih banyak,” ucapnya Pak Eko sambil duduk santai menikmati hasil kebunnya.

Sementara salah satu pembeli asal Kecamatan Tebing Tinggi,Suwandi yang datang langsung di kebun buah tempat Pak Eko. Dirinya mendapatkan informasi dari temannya bahwa ada tanaman jambu kristal segar.

Ia sendiri meyakini kebun buah pak eko bisa menjadi tempat alternatif pembelian buah segar yang diambil langsung dari pohonnya.

“Insya Allah, nanti bulan depan kalau ada waktu berniat untuk kembali membeli  buah di tempat ini,”katanya.

BACA JUGA  Danrem 042 Gapu Hadiri Rapim TNI-Polri 2021 Melalui Vidcon

Warga lainnya Udin yang berasal dari Desa Terjun Jaya ini sejak empat bulan lalu menjadi pelanggan tetap membeli buah di kebun milik Pak Eko.

Biasanya dirinya membeli buah jambu kristal segar untuk dikonsumsi sendiri dan keluarganya serta untuk oleh oleh tamu yang berujung ke rumahnya.

“Jambu kristal ini kadang untuk oleh oleh terkadang untuk makan sendiri,” pungkas Udin sembari memakan buah jambu kristal yang di petik lansung dari pohonnya.

Berkebun buah jika dibandingkan dengan tanaman keras lainnya masa panen lebih cepat dan hasil lebih menjanjikan.Disamping itu memiliki kebun buah dapat membawa dampak kesehatan karena akan dapat menikmati buah segar setiap hari. * (Mr)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Bertabur Promo dan Doorprize,PT Lise Permai Launching Perumahan Permata Hijau V

Ekonomi

Redam Gejolak Harga,Perum Bulog Kancab Kuala Tungkal Siapkan 600 Ton Beras

Ekonomi

Harga Beras Merangkak Naik di Tanjab Barat

Ekonomi

Jelang Imlek Permintaan Ikan Bawal Putih Meningkat

Ekonomi

Ombak Tinggi,Nelayan Tanjab Barat Kurangi Aktivitas Melaut

Ekonomi

Soal Timbangan Beras ASN Kurang, Syarifuddin Bilang DKP Lucu dan Tak Nyambung

Ekonomi

PT. LPPPI Berhasil Membudidayakan Tanaman Semangka Hingga Penen Mencapai 18 Ton

Ekonomi

Sinar Mas Gandeng Pijar Foundation – EdHeroes Berdayakan Sektor UMKM Perempuan